(Siklus Hidup Software) Star Lifecycle Model
Star Lifecycle Model
Pada tahun 1989, Star
siklus hidup model ini diusulkan oleh Hartson dan Hix seperti yang ditunjukkan
pada gambar di bawah ini.
Hal ini muncul dari
beberapa pekerjaan empiris mereka melihat bagaimana designerswent antarmuka
tentang pekerjaan mereka. Mereka mengidentifikasi dua mode yang berbeda dari
aktivitas: modus analitik dan modus sintetik. Yang pertama ditandai dengan
pengertian seperti top-down, pengorganisasian, peradilan, dan formal, bekerja dari
pandangan sistem terhadap tampilan pengguna, yang terakhir ditandai dengan
pengertian seperti bottom-up, pemikiran bebas, creativeand adhoc, bekerja dari
pengguna pandangan terhadap pandangan sistem. Desainer antarmuka yang disajikan
dalam desainer perangkat lunak.
- Analisa
Identifikasi kemampuan
user, strategi yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilannya, alat yang saat
ini dipakai, masalah-masalah yang dialami, perubahan yang diinginkan baik dalam
ketrampilan maupun peralatan.
Metode : tanya kemampuan
user dan buat daftar dengan skala prioritas, observasi ketrampilan di
lapangan.
- Evaluasi
kompetisi
Tentukan kekuatan dan
kelemahan rancangan
Metode : pengguna diminta
untuk mencoba menggunakan berbagi produk dan minta untuk menyebutkan kelebihan
dan kelemahan dari masing-masing produk.
-Rancang sambil
jalan
Gunakan hasil analisa
untuk membuat alternatif solusi, minta masukan sampai dengan penentuan pilihan
yang terbaik.
Metode : tanyai user
sehubungan dengan pengalaman menggunakan prototipe.
- Evaluasi dan
validasi
Secara periodik user
memberikan masukan selama pengembangan dan perancangan akan diulang berdasarkan
masukan tadi.
Metode : amati kebutuhan
pokok user dalam menggunakan sistem.
- Benchmark
Memadukan hal-hal terbaik
yang dimiliki pesaing untuk diterapkan dalam sistem yang dibangun Metode :
menggali informasi dari user hal-hal yang sebaiknya ada dibandingkan dengan
kompetitor, contoh : situs IBM.
Dalam Siklus permodelan
ini pengujian dilakukan terus menerus, tidak harus dikahir. Misalnya dimulai
dari menentukan kosep desain (conceptual design ) dalam proses ini akan
langsung terjadi evaluasi untuk langsung ternilai apakah sudah sesuai dengan
kebutuhan user, bila belum maka akan terus berulang di evaluasi hingga
benar-benar pas, selanjutnya apabila sudah pas, maka dari tahap evaluasi yang
pertama aka lanjut ke proses yg selanjutnya yakni requirements/specification
yakni memverifikasikan persyaratan rancangan tersebut, dan pada tahap itu juga
langsung terjadi pengevaluasian seperti tahap pertama, dan selanjutnya akan
tetap sama terjadi pada tahapan-tahapan selanjutnya yakni task
analysis/fungsion analysis, pengimplementasian, prototyping hingga pada
akhirnya terciptalah sebuah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user. Intinya
pada rancangan model ini pengevaluasian dilakukan disetiap tahapan tidak hanya
pada tahapan akhir seperti model-model rancangan yang lainnya.
Situs website : http://anakjambiindonesia.blogspot.co.id/2014/06/star-lifecycle-model-hartson-hix-1989.html
Komentar
Posting Komentar