Standard proses UCD untuk sistem interaktif
UCD ( User
Centered Design )
User merupakan object yang penting didalam
pengembangan dan pembangun sistem. User disini adalah pribadi, organisasi, dan
masyarakat. User saat ini harus berada pada level of design sophistication dari
semua antarmuka grafis beserta isi dari webnya. Pada saat user berinteraksi
dengan sistem user harus merasa sesuai dengan pengalaman yang pernah dirasakan
pada saat berinteraksi dengan sistem yang lain. User harus merasa puas dengan
informasi yang disediakan oleh sistem dan merasa nyaman saat berinteraksi
dengan sistem.
UCD ( user Centered Design ) adalah filosofi
perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan
sistem. Pendekatan UCD telah didukung berbagai teknik, metoda, tools, procedur,
dan proses yang membantu perancangan sistem interaktif yang lebih berpusat pada
pengguna. Sasaran UCD adalah lebih dari sekedar membuat produk yang berguna.
Proses User Centered Design ( UCD )
Gambar 1. Proses UCD berdasarkan ISO 13407
Keterangan gambar:
1. Memahami dan menentukan konteks pengguna
- Karakteristik
pengguna yang diharapkan
- Pekerjaan
yang dilakukan pengguna
- Pemecahan
secara hirarki atas pekerjaan global
- Tujuan
global penggunaan sistem untuk setiap kategori pengguna, termasuk
karakteristik tugas yang mungkin menggangu penggunaan dalam scenario
khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.
- Deskripsi
harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah operasional antara manusia
dan sumberdaya teknologi
- Pahami
lingkungan tempat pengguna akan menggunakan sistem
- Sangat
penting awal langkah untuk menentukan kebutuhan sistem minimal dan optimal
dengan memperhatikan
2. Menentukan kebutuhan pengguna dan Organisasi
Dalam UCD penting untuk memperluas aktivitas kebutuhan
fungsional sistem dengan membuat pernyataan eksplisit kebutuhan pengguna dan
organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal:
- Kualitas
perancangan interaksi manusia dan komputer serta workstation,
- Kualitas
dan isi tugas pengguna ( termasuk alokasi tugas diantara kategori penguna
yang berbeda ),
- Kinerja
tugas yang efektif khususnya dalam hal transparasi aplikasi ke pengguna,
- Kerjasama
dan komunikasi yang efektif diantara pengguna dan pikah ketiga yang
relevan,
- Dibutuhkan
kinerja sistem baru terhadap tujuan finansial.
3. Solusi perancangan yang dihasilkan
- Dengan
memgunakan pengetahuan yang ada untuk mengembangkan suatu proposal solusi
perancangan.
- Membuat
solusi perancangan lebih konkrit ( dengan simulasi, prototipe, dll )
- Memperlihatkan
prototipe ke pengguna dan mengamatinya saat melakukan tugas spesifik, dengan
atau tanpa bantuan evaluatur.
- Menggunakan
umpan balik untuk perbaikan rancangan,
- Mengulang
proses ini sampai tujuan perancangan dipenuhi.
4. Evaluasi Perancangan terhadap kebutuhan pengguna
- Formative:
menyediakan umpanbalik yang dapat digunakan untuk memperbaiki rancangan.
- Summative:
melakukan penilaian apakah tujuan pengguna dan organisasi telah tercapai
Situs website : https://kelasinformatikaku.blogspot.co.id/2012/06/proses-user-center-design-ucd.html
Komentar
Posting Komentar